Serius Masalah Jika Kita Butuh Waktu Lama Menerima Diri Seutuhnya

ludmedia
ludmedia

Menerima diri dari sisi terbaik kita hingga bisa menerima sisi terburuk dari diri kita bukanlah hal yang mudah. Walau mungkin prosesnya pun bisa berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya. Ada yang bisa dengan cepat dan mudah untuk menerima dirinya bahkan bisa mencintai dirinya sendiri, ada juga yang butuh perjalanan dan proses yang berliku untuk bisa menerima dirinya secara utuh. Namun yang pasti, perjalanan tersebut jauh lebih penting daripada hanya melihat tujuan akhirnya, karena berproses selalu menjadi kenikmatan.

Perjalanan saya untuk bisa menerima diri saya hingga saat ini masih berproses dan masih belajar untuk bisa mecintai diri saya sepenuhnya. Namun saya cukup bangga pada diri saya, karena sudah pernah bisa melampaui dan juga mengatasi hal yang selalu membuat diri saya merasa tidak pantas dan tidak cukup untuk melakukan sesuatu hal. Hingga kini saya sudah mulai menerima diri saya sendiri, bahkan sudah bisa bahagia dengan apa yang saya lakukan dan saya capai. Perjalanan dalam proses bisa menerima diri saya yang paling saya ingat adalah saat saya bersekolah dan duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Saat saya masuk SMA, saya masuk di sekolah baru dengan lingkungan yang kurang cocok dan tidak sesuai dengan pribadi saya. Suasana di sekolah pun sangat jauh berbeda dengan sekolah saya pada jenjang SMP. Iya, saya sangat menyukai lingkungan di sana, walaupun memang pasti selalu ada permasalahan saat kita bersekolah. Namun, saat itu diri saya hanya dipenuhi oleh kekhawatiran dengan kapabilitas saya untuk bisa bersekolah dan beradaptasi di situ.

Hampir setiap hari saat awal baru masuk di sekolah, saya bisa menangis karena dipenuhi oleh pikiran negatif tentang diri saya. Yang membuat diri saya selalu berpikir, seakan tidak mampu dan tidak pantas. Hal tersebut diakibatkan karena lingkungan SMA saya berisi orang-orang pintar. Peretemanan di sana juga terbilang cukup individualis.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email